Sikat Gigi Manual Vs Sikat Gigi Elektrik: Mana yang lebih efektif?

Tamarakha Yumna
Published on

Hai Ummabudies! Kalau ada yang tanya “sebaiknya pilih sikat gigi yang manual atau yang bergetar (elektrik) ya?”, belum lagi pertanyaan “mana yang lebih efektif?” Bingung harus jawab apa? Mari yuk simak jawabannya beserta alasannya..

Sikat gigi merupakan alat bantu yang penting untuk menghilangkan debris dan plak gigi secara mekanik.¹ Kontrol plak bertujuan untuk menghambat pembentukan karang gigi dan karies gigi, mencegah inflamasi gingiva dan mempertahankan kesehatan rongga mulut.² Sikat gigi memiliki berbagai jenis dengan berbagai desain, jadi Mindy tipe sikat gigi yang mana yang lebih efektif?

 

Sikat Gigi Manual

Sikat gigi manual yang pada umumnya digunakan memiliki 5 kelebihan:

  1. Banyak pilihan desain sikat gigi2,3

    Sikat gigi pada tahun 1890 memiliki gagang gading, pada tahun 1950an gagang sikat gigi berubah hingga pada awal abad ke-20 gagang terbuat dari perak murni. Seiring perkembangan zaman, sikat gigi semakin berkembang dan memiliki berbagai variasi, baik dalam hal ukuran, desain serta panjang, kekerasan, dan susunan bulu sikatnya.  Sikat gigi tersedia dalam ukuran kecil, sedang dan besar. Pemilihan ukuran sikat gigi dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan usia.

    Gambar 1. A) Desain sikat gigi tahun abad ke-18, ke-19 dan ke-20 awal, B) Berbagai bentuk kepala sikat, desain gagang, dan susunan bulu2,3

     

    Gambar 2. Berbagai ukuran sikat gigi

    Selain ukuran, kekerasan bulu sikat gigi dikategorikan berdasarkan diameternya. Pilihan kekerasan bulu sikat gigi yaitu halus dengan diameter 0,007 – 0,009 inchi; medium dengan diameter 0,010 – 0,012 inchi; keras dengan diameter 0,013 – 0,014 inchi, dan yang terakhir yaitu bulu sikat sangat keras dengan diameter 0,015 inch. Bulu sikat gigi halus lebih disarankan untuk digunakan dikarenakan diameternya yang paling kecil. Bulu sikat gigi halus lebih fleksibel dan dapat membersihkan lebih jauh ke sela-sela atau interproksimal gigi.

     

    Gambar 3. Pilihan kekerasan bulu sikat gigi

  2. Mudah diperoleh4

    Sikat gigi manual banyak tersedia di pasaran. Jika ummabudies masuk ke toko, minimarket terdekat, maupun supermarket akan dengan mudah menemukan sikat gigi dengan berbagai desain serta merek dagang.

  3. Mudah dibawa4

    Menjaga kebersihan rongga mulut yaitu dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari. Ummabudies yang sedang keluar kota untuk melakukan suatu pekerjaan maupun berlibur tidak menghalangi dalam menjaga kebersihan mulut. Sikat gigi manual ringan, tidak memerlukan baterai atau charger sehingga anti ribet dan mudah dibawa. Sikat gigi manual juga tersedia dalam versi travel kit sehingga sikat gigi dapat dilipat jadi bisa diselipkan di dalam tas.

Gambar 4. Sikat gigi travel kit

Dibalik kelebihan sikat gigi manual, tetap ada beberapa kekurangan seperti:

  1. Teknik sikat gigi harus tepat3

    Saat menyikat gigi dengan tekanan yang sangat ringan maka tidak dapat menjangkau cerukan gigi yang dalam, maka pembersihan plak kurang optimal. Sebaliknya, jika tekanan dalam menyikat gigi terlalu kuat dan secara jangka panjang dapat menyebabkan resiko keausan permukaan gigi dan trauma pada gingiva.

    Saat menyikat gigi dengan tekanan yang sangat ringan maka tidak dapat menjangkau cerukan gigi yang dalam, maka pembersihan plak kurang optimal. Sebaliknya, jika tekanan dalam menyikat gigi terlalu kuat dan secara jangka panjang dapat menyebabkan resiko keausan permukaan gigi dan trauma pada gingiva.
  2. Lama waktu sikat gigi harus cukup2,5-7

    Lamanya waktu sikat gigi harus sesuai agar plak gigi dapat dengan optimal dihilangkan. Waktu yang cukup yaitu 30 detik per kuadran. Lama waktu sikat gigi keseluruhan sekitar 3-5 menit. Penggunaan sikat gigi manual menuntut penggunanya untuk menyadari lama waktu sikat gigi agar tidak terlalu cepat ataupun terlalu lama.

  3. Sampah plastik2

    Sikat gigi manual sebaiknya diganti setiap 3 bulan. penggantian sikat gigi untuk mencegah perlekatan bakteri yang menumpuk pada bulu sikat gigi serta menghindari penggunaan bulu sikat gigi yang mekar. Sikat gigi manual berbahan dasar plastik, sehingga dengan adanya pergantian sikat gigi maka menyebabkan sampah plastik semakin banyak. Eits, untuk menutupi kekurangan ini dan mencegah limbah plastik yang semakin banyak, sikat gigi manual juga tersedia yang eco-friendly dan ramah lingkungan. Sikat gigi berbahan dasar bambu salah satu pilihan yang dapat digunakan.

    Gambar 5. Sikat gigi berbahan dasar bambu

Sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik menjadi populer dan menarik karena adanya getaran yang dihasilkan. Kelebihan lain dari sikat gigi elektrik yaitu2

  1. Meningkatkan minat dan ketertarikan dalam menyikat gigi3,8,9

    Sikat gigi elektrik memiliki desain yang berbeda dari sikat gigi manual serta adanya getaran pada sikat gigi memberikan sikap yang positif kepada seseorang. Sikap yang positif ini secara signifikan dapat meningkatkan kepatuhan rutin menyikat gigi. Motivasi dalam menjaga kebersihan mulut juga semakin meningkat, hal ini sangat menguntungkan terutama pada individu yang awalnya malas untuk menyikat gigi.

  2. Banyak pilihan tipe getaran sikat gigi elektrik2,3

    Sikat gigi elektrik memiliki keunggulan dapat bergetar. Getaran sikat gigi elektrik memiliki beberapa tipe seperti resiprokal atau bolak-balik, sirkular atau gerakan membulat, dan gerakan elips atau kombinasi. Pilihan tipe getaran yang lebih disarankan yaitu sirkular atau gerakan membulat. Sikat gigi elektrik juga tersedia dalam pilihan bentuk kepala yang berbeda.

    Gambar 6. Pilihan kepala sikat gigi elektrik1 

  3. Adanya timer atau pembatas waktu10

    Sikat gigi akan otomatis bekerja selama 2 menit dan akan mati dengan sendirinya. Hal ini memudahkan penggunanya agar tidak melakukan penyikatan gigi terlalu lama maupun terlalu cepat. Penggunanya tidak perlu mengira-ngira atau mengatur timer manual untuk mengetahui durasi sikat gigi sudah cukup.

  4. Lebih efektif dalam menghilangkan plak3,8,9,11

    Sikat gigi elektrik menggunakan energi akustik frekuensi rendah sehingga menghasilkan pergerakan cairan yang dinamis atau disebut sebagai “efek hidrodinamik”. Efek hidrodinamik dapat mengganggu perlekatan bakteri dan dapat menghilangkan plak yang tidak terjangkau pada bulu sikat gigi manual seperti pada sela-sela gigi.3,11

    Sikat gigi manual membutuhkan waktu 6 menit untuk menghilangkan plak  dengan persentase yang sama dengan 1 menit penggunaan sikat gigi elektrik.8 Sikat gigi elektrik ternyata dapat mengurangi plak 63,6%-98,2%, dan pengurangan inflamasi gingiva sebesar 35,5%-77,2% ketika dibandingkan dengan sikat gigi manual.9 Oleh karena itu, sikat gigi elektrik lebih efektif dalam menghilangkan plak dan gingivitis.8
  5. Nyaman digunakan anak-anak8

    Ketika anak dikenalkan dengan hal atau benda baru, maka sang anak akan penasaran. Adanya getaran pada sikat gigi membuat anak semakin bersemangat untuk mengenal dan mencoba sikat gigi elektrik. Jadi anak akan merasakan bahwa menyikat gigi ini menjadi hal yang menyenangkan, sehingga kebersihan rongga mulut dapat dijaga.

    Gambar 7. Anak sikat gigi dengan menyenangkan

  6. Dapat digunakan pada individu dengan gangguan fungsi motorik dan koordinasi11

    Penyakit Parkinson adalah kelainan pergerakan yang mempengaruhi fungsi motorik dan koordinasi. Individu dengan penyakit Parkinson menjadi kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk menyikat gigi setiap hari. Padahal kesehatan rongga mulut yang baik memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan, sehingga menjaga kebersihan mulut dengan tepat itu sangat penting dan menjadi challenging. Oleh karena itu, salah satu solusinya yaitu menggunakan sikat gigi elektrik. It works! Sikat gigi elektrik lebih mudah digenggam dan dapat bergetar dengan sendirinya.

    Selain penyakit Parkinson, sikat gigi elektrik juga dapat menjadi solusi untuk individu dengan kelainan fisik maupun mental. Pasien yang dirawat di Rumah Sakit yang tidak mampu membersihkan giginya sendiri dan memerlukan bantuan orang sekitar maka disarankan untuk menggunakan sikat gigi elektrik.

    Gambar 8. Membantu pasien yang tidak mampu membersihkan giginya sendiri

  7. Rekomendasi untuk pasien yang menggunakan alat ortodonti cekat 3,11

    Penggunaan alat ortodonti cekat menjadi faktor resiko akumulasi plak, sehingga kontrol plak harus lebih ekstra dan maksimal. Penggunaan sikat gigi elektrik dapat menjangkau daerah sela-sela gigi serta lebih efektif dalam menghilangkan plak daripada sikat gigi manual. Namun alat tambahan lain juga disarankan seperti benang gigi dan sikat interdental agar plak benar-benar hilang dari permukaan gigi. Byebye plaque~

  8. Efektif pada individu dengan kontrol plak yang buruk13

    Individu dengan kontrol plak yang buruk contohnya menyikat gigi dengan teknik yang kurang tepat sehingga banyak daerah yang tidak terjangkau. Plak akan tetap menumpuk, terlepas dari berlatih teknik menyikat gigi. Maka dengan adanya sikat gigi elektrik dapat menjadi pilihan agar kontrol plak menjadi lebih maksimal.

Banyaknya kelebihan sikat gigi elektrik, tapi tetap memiliki kekurangan lohh:10,14

  1. Harganya yang lebih pricey atau lebih mahal

    Sikat gigi elektrik memerlukan biaya lebih jika dibandingkan dengan sikat gigi manual.

  2. Perlu dijaga

    Sikat gigi elektrik merupakan salah satu benda elektronik yang perlu dijaga dengan ekstra hati-hati. Hindari benturan atau terjatuh, serta untuk jenis yang dapat di chargeable maka perlu menjaga agar alat tidak mudah rusak. Sikat gigi elektrik juga perlu diperhatikan, jika bulu sikat sudah mulai mekar maka perlu diganti. Kepala sikat gigi elektrik disarankan perlu diganti setiap 3 bulan.

  3. Membutuhkan baterai

    Setiap sikat gigi elektrik memerlukan daya seperti dengan adanya penggunaan baterai. Daya baterai (AAA) bertenaga dengan masa pakai baterai perkiraan 3 bulan, sehingga baterai perlu diganti secara berkala. Penggantian baterai ini secara tidak langsung menyumbangkan sampah baterai secara perlahan.

  4. Adanya suara yang dihasilkan

    Sikat gigi elektrik dapat menghasilkan suara yang dapat mengganggu.

 

Penggunaan sikat gigi berbeda pada setiap individu dan harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan individual. Berbagai faktor seperti morfologi tumbuh kembang gigi, usia pengguna, kesehatan periodontal dan kemampuan dalam menyikat gigi perlu diperhatikan.1,2 Apabila suatu individu dapat menggunakan sikat gigi manual dengan tepat maka tidak perlu beralih ke sikat gigi elektrik. Bicarakan dengan dokter gigi tentang pilihan atau perawatan lain khusus untuk kebutuhanmu.13

 

Referensi:

  1. Wolf HF, Hassel TM. Color atlas of dental hygiene: Periodontology. 3rd Ed. New York: Thieme; 2006. p.226-8.
  2. Reddy S. Essentials of Clinical Periodontology and Periodontics. 3rd Ed. India: Jaypee; 2011. p.291-6
  3. Newman M, Takei H, Klokkevold P, Carranza F. Newman and Carranza’s Clinical Periodontology. 13th ed. Philadelphia: Elsevier; 2018. p. 485-7
  4. Montanari S. Manual vs. electric toothbrushes: Which is better for your teeth, according to dentists. Insider. 2021.
  5. Vakil N, Sachdeva S, Goyal P, Singh A. Evaluation of Relationship between Time of Manual Tooth-Brushing and Plaque Removal. Saudi J Oral Dent Res, May 2019; 4(5): 302-304.
  6. Parizi MT, Mohammadi TM, Afshar SK, Hajizamani A, Tayebi M. Efficacy of an electric toothbrush on plaque control compared to two manual toothbrushes. International Dental Journal 2011; 61: 131–135.
  7. Jung WP, Weik U, Margraf-Stiksrud J, Deinzer. What characterizes efective tooth brushing of daily users of powered versus manual toothbrushes? BMC Oral Health 2022; 22: 1-9.
  8. Lang, N. P., & Lindhe, J. (Eds.). (2015). Clinical periodontology and implant dentistry, 2 Volume Set. John Wiley & Sons. P.450-7
  9. Criado V, Tawse-Smith A. Compliance & dexterity, factors to consider in home care and maintenance procedures. Braz Oral Res 2007;21(1):34-8.
  10. NBC News. 5 Best electric toothbrushes for kids. [Internet] 2022:  https://www.nbcnews.com/select/shopping/best-electric-toothbrush-kids-ncna1289925#anchor-ADASealofApproval
  11. American Parkinson Disease Association. Oral health and parkinson’s disease. 2018.
  12. Iba B, Adamu VE. Tooth brushing: An effective oral hygiene measure. Orapuh Journal 2021, 2(2), 2:1-7.
  13. Harpenau, L. (2013). Hall's Critical Decisions in Periodontology & Dental Implantology, 5e. PMPH USA. p.94-5
  14.  American Dental Association. Quip Kids Electric Toothbrush. [Internet] 2022. Available form: https://www.ada.org/resources/research/science-and-research-institute/ada-seal-of-acceptance/product-search/a065e000007A37dAAC/quip-kids-electric-toothbrush

 

 

 

 

Customer Support umeds